Pioneer
Agronomi
Budidaya Tanaman

Klinik Pioneer

Mengenal Perangkat Uji Tanah

Produktivitas lahan pertanian merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil budidaya tanaman. Besar kecilnya produktivitas lahan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Tak sedikit petani yang belum menyadari kondisi seperti ini. Untuk meningkatkan produktivitas lahan, tingkat kesuburan tanah perlu diujikan. Dosis/kebutuhan pupuk yang diaplikasikan di lahan belum tentu sama di setiap lokasi penanaman. Pengujian kesuburan tanah ini perlu dilakukan mengingat masih banyaknya petani yang menggunakan pupuk yang berlebihan di tengah isu situasi perpupukan yang masih cukup terbatas di Indonesia hingga saat ini.


A. Perangkat Uji Tanah Kering - PUTK (Upland Soil Test Kit)

Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) adalah alat untuk menganalisis kadar hara tanah, khususnya lahan kering (Upland area) untuk penanaman jagung, kedelai dan padi gogo. PUTK dapat digunakan di lapangan, sangat portable (mudah untuk dibawa), cepat dan cukup akurat dalam mengukur kadar hara tanah. PUTK dirancang untuk mengukur kadar fosfor (P), kalium (K), C-organik, pH tanah dan kebutuhan kapur.

Prinsip kerja alat ini yaitu (1) mengukur hara P dan K tersedia dalam tanah secara semi kuantitatif. (2). Penetapan P dan pH dengan menggunakan metode kolorimetri/pewarnaan. (3) Hasil analasis/pengukuran P dan K tanah digunakan sebagai dasar dalam menentukan rekomendasi pemupukan P dan K spesifik lokasi untuk komoditas tanaman pangan (jagung, kedelai dan padi gogo).

Satu perangkat PUTK terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. 1 paket bahan kimia dan alat untuk penetapan kadar P, K bahan organik, PH dan kebutuhan kapur
  2. Bagan warna P dan pH tanah; bagan K, kebutuhan kapur dan C-organik tanah
  3. Buku Petunjuk Penggunaan PUTK serta Rekomendasi Pupuk untuk tanaman jagung, kedelai dan padi gogo

B. Perangkat Uji Tanah Sawah - PUTS (Paddy Soil Test Kit)

PUTS merupakan alat untuk menganalisis kadar hara tanah sawah (N, P dan K) serta pH tanah. Perangkat ini dapat digunakan di lapangan dengan cepat, mudah dan cukup akurat.

Prinsip kerja perangkat ini yaitu (1) mengukur kadar hara N, P dan K tanah tersedia dalam tanah secara semi kuantitatif dengan metode pewarnaan. (2). Selanjutnya hasil analisis N, P dan K tanah dapat digunakan sebagai dasar penentuan rekomendasi dosis pemupukan N, P dan K spesifik lokasi untuk tanaman padi sawah.

Seperangkat PUTS terdiri dari:

  • 1 paket bahan kimia dan alat pengekstrak kadar N, P, K dan pH tanah
  • Bagan warna untuk penetapan kadar N, P, K dan pH
  • Buku Petunjuk Penggunaan serta Rekomendasi Pupuk untuk padi sawah
  • Bagan Warna Daun (BWD)

6F1962ED-E109-EBAB-4D6E-627F37846877