Home >
 

Corteva Agriscience Perkuat Komitmen Kembangkan Pertanian Pedesaan

Trubus.id -- Corteva Agriscience divisi agrikultur DowDuPont (DWDP) hari ini mengumumkan perpanjangan program kerjasama budidaya jagung hibrida dengan Australia-Indonesia Partnership (AIP) for Promotibg Rural Income through Support for Markets in Agriculture (PRISMA).

Program ini bertujuan untuk menyediakan akses kepada para petani Indonesia melalui inovasi benih unggul padi serta solusi perlindungan tanaman.

Sejak tahun 2006, Corteva Agriscience dan PRISMA telah bekerjasama dengan lebih dari 40.000 petani yang tersebar di Madura dan Jawa Timur untuk meningkatkan budidaya jagung melalui benih hibrida dengan memberikan pendampingan kepada para petani.

ASEAN Managing Director Corteva Agriscience Farra Siregar mengungkapkan, program ini berhasil mendorong produktivitas dengan meningkatkan hasil panen jagung sebesar 50 persen di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diakuinya, bersama PRISMA, Corteva Agrisciences akan memacu perkembangan di sepanjang rantai pasokan dengan mengurangi persoalan terhadap produktivitas, performa, serta akses pasar petani.

"Program ini membangun membangun ekosistem kemitraan serta memberikan solusi layanan pascapanen seperti akses pasar, pembiayaan mikro terutama bagi petani jagung di Madura," tambahnya.

Selain itu, dikatakan Farra lebih dari 13.500 petani di Indonesia berhasil meningkatkan pendapatan hingga 290 persen. Program ini juga telah memberikan 6.000 petani jagung perempuan terhadap akses pasar dan berkesempatan mengikuti pelatihan dalam pemanfataan teknologi pertanian.

"Kami percaya dengan memberdayakan petani melalui solusi dan pengetahuan terbaru produksi pertanian semakin kuat yang akan berpengaruh terhadap meningkatnya hasil panen dan pendapatan petani. Selain itu, untuk mewujudkan Indonesia dalam mencapai ketahanan pangan," tutupnya.

Sumber: Trubus. id

4E6AB7BB-A71A-7764-6164-A01DB076CD61