Home >
 

PT DI Pioneer Tanam Jagung Bersama Poktan

Taput - Menyikapi kebutuhan petani akan bibit jagung berkualitas tinggi, PT Dupont Indonesia (DI) Pioneer produsen benih jagung hibrida memberikan solusi terbaik berupa benih jagung P35 Banteng.

Territory Lead PT Dupont Indonesia Pioneer Jamerson Saragih pada pelaksanaan tanam jagung bersama kelompok tani (Poktan) se-Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinur Siborongborong, Rabu (16/5).

Jamerson Saragih menjelaskan, pelaksanaan tanam jagung bersama Poktan bermaksud untuk menggerakkan petani yang bernaung di kelompok tani untuk bertanam jagung dengan penerapan teknologi. Dengan teknologi serta penggunaan benih berkualitas diharapkan petani memperoleh hasil yang maksimal.

"Kabupaten Tapanuli Utara secara umum memiliki potensi tinggi dalam pertanaman jagung. Kondisi iklim dan letak geografis khususnya Kecamatan Siborongborong sangat cocok untuk budidaya jagung, apalagi dengan penggunaan bibit unggul," urainya.

Dijelaskannya saat ini PT Dupont Indonesia memproduksi beberapa jenis bibit jagung hibrida seperti P35 Banteng,  P32 Singa dan P33 Beruang.
Pada pelaksanaan tanam jagung bersama itu, katanya, benih P35 Banteng memiliki sifat masak fisiologis lebih cepat dibandingkan jagung lainnya. P35 Banteng dapat dipanen hanya dalam waktu 100 hari setelah tanam (HST). 
   
Karena lebih cepat panen, benih ini lebih pendek masa perawatannya sehingga secara umum biaya produksi akan lebih efisien.

Dengan panen lebih cepat, petani akan lebih cepat memperoleh keuntungan dan dapat segera menanam jagung kembali. Potensi hasil panen P35 Banteng mencapai 12 ton/hektare pipilan kering dengan kualitas sangat baik dan kadar air rendah.

Kegiatan tanam bersama dirangkai dengan diskusi ketua kelompok tani dan dihadiri Koordinator Penyuluh Pertanian OP Purba, Sekdis Dinas Pertanian Taput Bonggas Pasaribu serta penyuluh pertanian se-Kecamatan Siborongborong.

Pada kesempatan yang sama PT Dupont Indonesia lewat ketua kelompok tani menawarkan lomba menanam jagung antar kelompok tani mulai dari penanaman hingga produksi.

Sumber: medanbisnisdaily.com

4CA1AA83-D394-9AB6-29A8-DE2C60431FA8