Home >
 

6 Khasiat Terpendam Jagung Muda 'Putren' untuk Kesehatan Kita

Di balik bentuknya yang kecil, ternyata putren alias jagung muda memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuhmu, lho. Tak hanya nikmat saat dibuat menjadi tumisan, kandungan zat bergizi dalam putren pun dibutuhkan tubuh untuk menangkal berbagai keluhan penyakit. Bisa juga dijadikan campuran bahan capcay, rasa putren yang gurih sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air.

Ada yang menyebutnya dengan nama ‘soleng’, putren memiliki beberapa manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Baca langsung yuk dalam ringkasan singkat berikut ini;

1. Membantu mencegah penyakit alzeimer
Penyakit alzeimer yang bisa berakibat fatal pada kepikunan bisa dicegah dengan mengonsumsi putren secara teratur. Kandungan follat yang ada di dalamnya mampu menutrisi otak sehingga mencegah resiko orang terkena dampak kepikunan dini. Kamu tidak mau kan masih muda tapi sudah pikun karena lupa mengingat segala hal?

2. Sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi semakin lancar
Salah satu akibat dari kurang lancarnya aliran oksigen dalam tubuh adalah terjadinya kerusakan pada otak. Untuk mencegah terjadinya hal fatal, mengonsumsi putren bisa menjadi salah satu cara pencegahan yang cukup efektif. Kandungan zat besi dalam putren ternyata mampu membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh semakin lancar.

3. Mencegah penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi
Tinggi kandungan serat namun rendah karbohidrat, putren sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes. Tak hanya itu, putren juga mampu mengatasi tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan potassium juga. Potassium sendiri merupakan zat yang berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

4. Bisa meminimalisir potensi cacat pada bayi baru lahir
Asam folat yang cukup tinggi yang terkandung dalam putren juga bisa mencegah potensi cacat pada bayi yang baru lahir. Bagi ibu hamil, mengonsumsi putren dalam takaran yang tepat sangat dianjurkan untuk kesehatan bayi di dalam kandungan.

5. Baik untuk kesehatan kanker dan paru-paru
Mencegah terjadinya potensi terkena penyakit kanker dan paru-paru, mengonsumsi putren secara teratur memang sangat diperlukan bagi kesehatan. Kandungan chryptoxanthin di dalamnya yang akan menghasilkan vitamin A mampu mencegah beberapa masalah kesehatan, di antaranya kanker dan paru-paru.

6. Baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan
Memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan, putren juga sangat berguna bagi kesehatan kulit. Flek hitam, kulit kusam, dan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan kulit bisa teratasi dengan mengonsumsi putren. Selain itu, vitamin B dalam putren juga bisa mengatasi masalah pencernaan sehingga proses sekresi kamu menjadi lancar.

Meski bentuknya kecil, namun ternyata khasiatnya sangat besar dan bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu kan?

Sumber : IDN Times

67AD7652-63E9-E6CA-A372-B73FF0B62AF1