Home >
 

9 Makanan Tradisional dari Jagung Pengganti dan Pendamping Nasi

Ada banyak cara menikmati kelezatan jagung. Mulai dari jagung rebus sederhana hingga Jagung bakar dan beraneka cemilan yang memiliki beragam rasa. Namun bagi sebagian orang jagung juga dapat dijadikan sebagai pengganti ataupun pendamping nasi.

Kandungan karbohidrat yang mengenyangkan serta fakta kesehatan yang ada di dalamnya membuat jagung jadi salah satu penganan yang patut untuk dicoba. Beberapa masakan dibawah ini contohnya. Tidak hanya di daerah asalnya, beberapa makanan dari jagung ini mulai populer di berbagai daerah di Indonesia.
 
1. Jagung Bose
Jagung Bose merupakan kuliner khas Nusa Tenggara Timur yang memiliki cita rasa tawar seperti nasi. Umumnya Jagung Bose dibuat dari jagung putih yang direbus dengan kacang merah dan santan. Makanan yang satu ini biasanya disantap dengan daging sei atau daging asap khas NTT dan lawar ikan.

2. Nasi Jagung
Ada beberapa nama untuk kuliner yang satu ini seperti nasek empog di Madura, nasi ampok di Blitar dan sego jagung di Boyolali. Makanan yang satu ini berasal dari jagung tua yang sudah dipipil dan dihancurkan. Sama seperti nasi biasa, nasi jagung ini dimakan dengan sayur dan lauk pauk.

3. Binte Biluhuta
Binte Biluhuta merupakan makanan dari jagung dengan cita rasa manis, asin dan pedas. Sup jagung khas Gorontalo ini biasa dimasak bersama ikan ataupun udang yang dilengkapi berbagai bumbu lain seperti cabai, kemangi hingga bawang.

4. Es Jagung
Bagi kamu yang sedang lapar tapi menginginkan sesuatu yang manis, Es Jagung Pontianak ini bisa dijadikan pilihan. Pembuatannya cukup mudah, kamu tinggal menambahkan es batu, susu ke atas pipilan jagung manis muda yang sudah direbus.

5. Tinutuan
Bagi kamu yang sedang lapar tapi menginginkan sesuatu yang manis, Es Jagung Pontianak ini bisa dijadikan pilihan. Pembuatannya cukup mudah, kamu tinggal menambahkan es batu, susu ke atas pipilan jagung manis muda yang sudah direbus.

5. Tinutuan
Tinutuan ini lebih populer dengan nama Bubur Manado. Tinutuan ini merupakan campuran beras, jagung dan berbagai jenis sayur. Bubur yang satu ini sangat nikmat dinikmati selagi hangat, apalagi jika dikonsumsi sebagai menu sarapan.

6. Botok Jagung
Selain dimakan langsung, Botok Jagung juga bisa kamu jadikan sebagai lauk. Rasanya manis, gurih dan sedikit pedas. Botok Jagung sendiri terbuat dari jagung manis yang ditumbuk kasar lalu dicampur dengan kelapa, telur, daun bawang serta bumbu halus dari cabai, garam bawang dan ketumbar. Adonan ini dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang.

7. Bledus
Bledus merupakan makanan khas Lumajang yang terbuat dari jagung pipil kering yang direndam semalaman lalu direbus hingga empuk. Dahulunya Bledus merupakan makanan tentara PETA yang dimakan dengan sayur, tapi kini Bledus lebih sering disajikan dengan kelapa parut serta garam dan gula.

8. Sayur Bobor
Sayur bobor adalah sayur dengan kuah santan yang menjadi ciri khasnya masyarakat Jawa. Ada beragam jenis sayur yang bisa dijadikan Sayur Bobor, salah satu yang populer adalah Sayur Bobor Bayam Jagung. Bayam dan jagung dimasak dengan santan dan bumbu, terkadang ditambah labu siam atau wortel.

9. Sayur Asem
Kalau masakan yang satu ini pasti kamu sudah tahu. Bukan hanya menjadi kuliner khasnya masyarakat Betawi, Sayur asam ini juga menjadi salah satu masakan di berbagai daerah Indonesia seperti Sunda dan Aceh. Hanya saja beberapa bumbu dan sayur yang digunakan memiliki sedikit perbedaan dengan daerah lainnya. Namun jagung merupakan salah satu bahan yang selalu ada di dalamnya.

Sumber: IDN Times

99AD817F-E06E-E1C4-4582-F37A8136D37B