Home >
 

Kreatif, Petani Ini Berhasil Bangun Rumah dari Ribuan Jagung

 

Sewajarnya membangun rumah menggunakan batu bata agar kuat dan kokoh dari serangan luar. Namun bagi mereka yang punya ide kreatif, membangun rumah tak harus menggunakan batu bata. Hanya dengan bermodalkan benda-benda sederhana, satu unit rumah pun berhasil didirikan.

Seperti rumah jagung yang ada di Tiongkok ini. Rumah tersebut dibangun oleh petani bernama Liu Hongcai di dekat Kota Shulan, Provinsi Jilin.

Dilansir dari South China Morning Post, rumah itu memiliki luas 48 meter persegi dengan panjang 12 meter dan lebar 4 meter. Dan yang bikin unik adalah semua permukaan rumah ditutupi oleh jagung.

Rumah tersebut awalnya dibuat dengan menggunakan besi. Kemudian jagung ditempelkan pada bagian luar dengan diikat dengan kawat. Butuh 30 ribu jagung untuk menutupi semua bagian rumah. Termasuk bagian-bagian rumah lainnya, seperti pagar, roda, serta sumur.

Untuk membangun rumah tersebut, Liu menghabiskan dana mencapai Rp 18 juta untuk membeli 30 ribu jagung. Selain itu, ia meminta bantuan 14 warga desa untuk mengerjakan rumah itu dalam waktu beberapa minggu.

Liu berharap proyek rumah jagungnya ini dapat menarik perhatian masyarakat luas. Sehingga rumah ini akan menjadi tempat wisata di kemudian hari.

Namun ada satu permasalahan pada rumahnya ini. Keberadaan hama tikus pasti akan merugikan Liu. Oleh karenanya ia membiarkan kucing kampung berkeliaran di sekitar rumah jagung agar tidak ada hama tikus.

Source bacatulisan

DF647EA8-0797-4EA9-3E61-D97FBCE80272