Home >
 

Tahun 2018, Lalan Ditargetkan Jadi Lumbung Jagung Nasional

 

Bupati Muba H Dodi Reza Alex menargetkan akan mengembalikan kejayaan Kecamatan Lalan menjadi Lumbung Jagung Nasional.

Terhitung sejak 2017, kecamatan Lalan mampu memproduksi delapan ton jagung per-hektar.

Pemkab Muba juga akan terus berkomitmen membantu petani jagung khususnya di Kecamatan Lalan.

“Luas lahan tanam Jagung di Lalan yakni 5.709 hektar, produktivitasnya harus dimaksimalkan dan target 2018 mendatang di Kecamatan Lalan ini harus kembali menjadi lumbung jagung nasional,” ujar Dodi di sela-sela Kunjungan Kerja Bupati Musi Banyuasin ke Kecamatan Lalan Dalam Rangka Panen Raya Jagung di Desa Mulya Jaya Kecamatan Lalan.

Menurut Dodi, sudah selayaknya dengan produktivitas yang ada saat ini Kecamatan Lalan menjadi lumbung Jagung nasional.

“Pemkab Muba akan terus mencari solusi yang terbaik untuk peningkatan pertanian di Muba, dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Dikatakan, belum lama ini dirinya mendapatkan penghargaan dari Perdana Menteri Inggris dalam upaya melakukan terobosan pembangunan PLTG Terapung untuk masyarakat Lalan, yang didukung secara penuh oleh PM Inggris.

“Nah, ke depan tidak hanya listrik saja yang mendapat bantuan dan perhatian dari kalangan internasional, saya juga akan berusaha melakukan lobi untuk bantuan di bidang pertanian untuk masyarakat Muba,” ulasnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir A Thamrin menyebutkan, tahun 2017 ini realisasi tanam jagung di Kecamatan Muba sudah mencapai 60 persen dengan harga perkilogram mencapai Rp 3.200.

“Tahun 2018 mendatang target kami akan 100 persen realisasi tanam jagung di Muba khususnya di Kecamatan Lalan, produktifitas sudah sangat baik, tapi akan terus ditingkatkan lagi dengan kualitas yang semakin baik,” jelasnya.

Sementara itu, pada kegiatan Kunjungan Kerja Bupati Musi Banyuasin ke Kecamatan Lalan Dalam Rangka Panen Raya Jagung di Desa Mulya Jaya Kecamatan Lalan, tampak Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin memanen secara langsung jagung menggunakan traktor yang disaksikan ratusan masyarakat Lalan.

Tidak hanya itu, Mantan Anggota DPR RI dua periode ini juga sebelum melakukan panen jagung perdana dirinya menyempatkan meninjau pembangunan jalan di Desa Sukajadi-Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan.

Bahkan, Presiden Klub Sepakbola Sriwijaya FC ini juga mengendarai motor berkeliling Kecamatan Lalan untuk menjumpai warga setempat.

Source jpnn

C267D9FF-B65B-78EC-301E-E303F927F6AB