Home >
 

Unismuh Mulai Bagi-bagi Bibit Jagung Pioneer ke Petani

 

Menindaklanjuti hasil dari MoU Unismuh Makassar dengan Menteri Pertanian RI tahun lalu tentang pengembangan jagung kuning unggul Sulsel sudah mulai direalisasikan.

Ketua Tim Kedaulatan Pangan  Unismuh Makassar Dr. Idham Halid, SE,MM  yang juga ketua lembaga pengabdian pada masyarakat Unismuh Makassar bersama Dr Agussalim HR, SE,MM beberapa hari lalu sudah mulai membagi-bagikan bibit jagung pioneer ke petani di Kab. Takalar.

Bibit jagung pioneer ini dibagikan kepada 24 kelompok tani binaan Unismuh Makassar yang ada di dua desa, yakni Desa Laikang dan Desa Cikoang. Untuk Desa Cikoang bibit jagung yang dibagikan sebanyak 225 kg, sedangkan di Laikang sebanyak 375 kg.

“Dari jumlah bibit yang dibagikan diperuntukkan untuk lahan seluas 550 ha,”ujar Idham Halid seraya mengatakan, pembagian bibit jagung ini akan dilanjutkan di kecamatan lainnya.

Agussaling HR kepada media mengatakan, Unismuh ini akan mengembangkan jagung unggul di beberapa kabupaten.  Tahap awal di 2017,  Unismuh baru mengembangkan bibit jagung di Takalar seluas 1.800 ha dan Gowa 10 ribu ha. “Insya Allah musim tanam 2018 akan diperluas di Kabupaten Jeneponto dan Sengkang sekitar 50 ribu ha,”janji Idham Halid.

Dikatakan Idham target Unismuh Makassar di 2017, akan mengembangkan jagung hingga 20 ribu ha. Namun hingga masuk musim tanam hanya dicapai 10 ribu ha. “Insya Allah tahun depan target 50 ribu ha tercapai,”harapnya.(nasrullah).

Source inipasti

0FF13437-3DFB-00DD-B8B6-D3DF6A588820