Home >
 

Varietas Jagung P27 Tahan Cuaca Ekstrem

 

Surabaya - Kalangan petani menyambut baik munculnya varietas jagung hibrida P27 Gajah produksi Pioneer Hi-Bred International Inc (anak perusahaan PT DuPont Indonesia), karena mampu bertahan terhadap perubahan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Manager Marketing Pioneer Hi-Bred International, Danindra R Manungka, dalam rilis yang diterima di Surabaya, Minggu, menjelaskan, varietas hibrida P27 merupakan pengembangan dari bibit jagung hibrida P21 dengan berbagai keunggulan, termasuk hasil panen yang lebih bagus dan tinggi.

"Batang tanaman dan buah jagung dari varietas ini besar-besar dan akarnya lebih kokoh sehingga tetap dapat berproduksi dengan baik dalam kondisi cuaca yang ekstrem serta lahan kurang subur," katanya.

Pada Sabtu (24/3), Pioneer Hi-Bred memperkenalkan varietas P27 Gajah tersebut kepada petani jagung di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dan mendapatkan respon positif.

Menurut Danindra, rendahnya tingkat kesuburan lahan produktif dan perubahan cuaca yang ekstrem beberapa waktu terakhir, menjadi salah satu kendala bagi petani untuk meningkatkan produksi jagung.

Varietas P27 Gajah mampu menghasilkan produksi rata-rata 8-10 ton jagung pipil kering untuk setiap hektarenya.

"Pioneer berkomitmen untuk memberdayakan petani jagung agar mempunyai nilai tawar yang lebih baik dari segi finansial maupun tingkat pengetahuan. Kami berharap varietas ini bisa menjadi produk andalan bagi petani di Jawa Timur," tambah Danindra.

Direktur PT DuPont Indonesia, Mardahana, menambahkan, hasil produksi jagung pada 2010 dan 2011 tidak maksimal akibat cuaca yang ekstrem sehingga Indonesia terpaksa harus mengimpor jagung dengan volume yang cukup besar.

"Sebenarnya Indonesia mampu swasembada jagung. Namun, cuaca menjadi kendalanya. Karena itu, kami berupaya membantu pemerintah dengan meluncurkan varietas baru yang punya banyak keunggulan, terutama tahan cuaca ekstrem dan bisa ditanam di lahan kurang subur," katanya.

Sumber: jatim.antaranews.com

532A39B9-A570-F04D-9C5C-CFB715546AFC