Home > Layanan
 

LAYANAN AGRONOMI

PT. DuPont Indonesia menyediakan layanan agronomi pasca pembelian, memberikan solusi-solusi pengembangan budidaya jagung hibrida dan memfasilitasi penanganan pasca panen bagi petani jagung di Indonesia. Layanan agronomi Pioneer adalah yang terdepan di Indonesia, dengan memperhatikan kebutuhan petani yang sangat beragam. Beberapa kegiatan layanan Pioneer di Indonesia adalah:

1. Demonstrasi ( benih demo )

Pioneer menyediakan benih jagung hibrida Pioneer secara cuma-cuma secara terbatas untuk ditanam di areal yang potensial sebagai percobaan, dan memberikan bantuan teknis dan informasi tata cara bercocok tanam yang dibutuhkan. Demo ini dapat digunakan sebagai uji coba untuk mengetahui varietas apa yang paling sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia.

2. Penyuluhan

Tenaga lapang Pioneer memberikan penyuluhan, workshop, pelatihan, dan pendampingan kepada para petani, pekerja lahan, dan para pelaku usaha baik di lapangan maupun di kelas mengenai manajemen usaha jagung yang berisi tentang tata cara bercocok tanam yang baik, pemupukan, pemberantasan hama, penyakit, gulma serta penanganan pasca panen yang tepat sehingga kualitas biji jagung yang dihasilkan tetap terjamin dan lain sebagainya.

3. Kunjungan Ke Lapangan (Field Trip)

Kunjungan ke lapangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada para petani mengenai performa Jagung Hibrida Pioneer. Di areal field trip juga ditampilkan berbagai macam perlakuan penanaman mengikuti perkembangan teknologi saat ini guna menyelesaikan berbagai macam masalah pertanaman di tingkat petani. Kegiatan Fieldtrip ini dipandu oleh tenaga ahli yang berpengalaman baik dari kalangan Pioneer sendiri maupun dari luar.

Tidak hanya di dalam negeri, Pioneer juga telah mengadakan field trip hingga mancanegara untuk mendapatkan perbandingan tata cara usaha tani yang lebih efisien dan efektif sekaligus model pengelolaan pasca panen yang baik.

4. Training & Workshop

Para petani dan pengusaha dapat mengikuti training yang mendalam mengenai tata cara bercocok tanam Jagung yang baik dan pengenalan yang mendalam mengenai varietas yang dimiliki Pioneer, sehingga bisa merencanakan varietas apa yang sesuai untuk dibudidayakan di areal yang tersedia. Training tersebut akan dilaksanakan di kantor perwakilan Pioneer terdekat, secara teoritis maupun praktek di lapang. Workshop Jagung, Materi workshop meliputi: Pengetahuan tentang Budidaya jagung dan pengelolaannya, Hama penyakit tanaman Jagung, Soil Management, Pupuk dan Pemupukan, dan Management Kebun. Acara juga diisi dengan banyak diskusi dan training lapangan untuk melihat secara langsung bagaimana mengelola jagung yang baik.

Workshop ini menghadirkan para pakar di bidangnya dengan schedule class training dan field training selama 3 hari. Dilengkapi dengan demo penggunaan berbagai mesin pertanian mulai persiapan lahan, tanam, hingga panen untuk pertanian skala luas. Workshop ini diikuti oleh para pelaku usaha pertanian, pengusaha-pengusaha, dan para pengambil keputusan.

E6B2FDDA-CDEA-D005-4425-8BD118D487EC